4 Cara Merawat Mobil yang Jarang Anda Gunakan

Dewasa ini, menggunakan mobil pribadi untuk berpergian memang sangat nyaman. Tapi jika Anda pergi kerja dengan menggunakan mobil, maka Anda pasti akan terjebak dalam kemacetan dan hanya memperlambat Anda untuk sampai ke tempat kerja. Karena itu, banyak pekerja saat ini lebih memilih memakai kendaraan umum untuk pergi kerja. Tapi apa yang terjadi pada mobil mereka? Tentu saja akan menjadi jarang dipakai dan hanya digunakan pada akhir minggu saja. Mobil yang jarang dipakai memang cepat rusak. Tapi ada 4 cara untuk membuat mobil Anda tetap baik meskipun jarang digunakan. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

  • Isi Bahan Bakar Sampai Penuh

Pastikan mobil anda memiliki bahan bakar yang penuh sebelum Anda meninggalkannya. Hal ini di berguna untuk tidak menyediakan sisa ruang udara pada tangki mobil Anda yang dapat mengakibatkan embun atau kondensasi saat malam hari dan mencari saat siang hari, juga akan berujung dengan berkurangnya kualitas bahan bakar pada mobil. Jika kualitas bahan bakar menurun, maka hal ini juga akan berdampak pada kinerja mesin mobil Anda.

  • Cabut Kutub Aki

Mobil juga memiliki komponen listrik yang tentunya akan berbahaya jika jarang digunakan. Anda harus mencabut kutub aki untuk mengurangi kehilangan daya atau menyebabkan rusaknya mesin. Saat mencabut kutub aki, Anda harus mencabut kutub negatif terlebih dahulu yang disusul dengan kutub positif. Jika Anda akan memasangnya kembali, mulailah memasang kutub positif terlebih dahulu, baru pasang kutub negatifnya demi keamanan Anda dan menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi.

  • Perhatikan Kondisi Oli, Ban dan Rem

Anda juga harus memperhatikan beberapa bagian dari mobil Anda sebelum ditinggalkan. Pertama, Anda harus memastikan jika volume oli dalam mobil harus cukup. Anda juga dapat mengganti oli ketika tidak memakainya dalam beberapa waktu. Yang kedua, Anda harus memperhatikan kondisi ban mobil Anda. Saat sudah lama tidak digunakan, ban mobil dapat mengempis dan cepat rusak. Jadi Anda perlu menopang ban tersebut dengan penyangga, tapi jangan gunakan dongkrak untuk menyangganya karena dapat merusak ban juga. Yang ketiga adalah periksa kondisi rem mobil. Rem rusak sangat sering terjadi pada mobil yang jarang dipakai. Jangan membiarkan rem selalu aktif dan memakainya terus karena akan membuat lengket pada piringan lem dan hal ini akan merusak mobil Anda juga.

  • Memanaskan Mobil Setiap Hari

Jika Anda tidak sempat memakainya, Anda dapat memanaskan mesin mobil setiap harinya. Hanya memanaskannya selama kurang lebih 5 menit, mobil Anda akan tetap dapat berjalan dengan baik. Yang dimaksud dengan memanaskan mobil adalah membiarkan mobil dalam kondisi menyala dalam beberapa menit dan coba mengegasnya serta memeriksa remnya. Maka saat menggunakan mobil, maka Anda akan aman dan mobil akan berjalan dengan baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *