4 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Ganti Ban Mobil dengan yang Baru

Mengganti ban mobil secara berkala termasuk kegiatan yang diharuskan karena bagian ini punya peran vital dalam mobil tersebut. Lewat ban yang kualitas dan kebersihannya terjamin maka perjalanan naik mobil tidak hanya semakin nyaman namun juga aman. Bagaimana jadinya kalau ban terlalu licin? Dijamin saat gerimis ringan pun mobil mudah tergelincir dan akhirnya terpelanting keluar dari bahu jalan. Masih mau menantang resiko tersebut? Baiknya tidak, sebab seprofesional apapun kemampuan Anda mengemudi paling bijak adalah menghindari resiko kecelakaan. Jika hal tersebut tidak anda inginkan lakukan pengecekan ban secara berkal agar ban selalu dalam kondisi baik.  Berikut beberapa detail yang perlu dilakukan pada saat ganti ban lama dengan yang baru:

  • Jangan lupa ikut mengganti pentil ban,

Pada saat ganti ban baiknya juga ikut mengganti pentil ban supaya memastikan tidak ada kebocoran halus. Beberapa orang mengabaikan penggantian pentil ban, yang meskipun sepele kalau ada kebocoran halus membuat angin ban mudah berkurang drastis. Apa iya Anda harus mengisi angin ban setiap kali hendak bepergian?

  • Baiknya memperhatikan tekanan angin ban baru,

Setiap kali ganti ban mobil lama dengan yang baru jangan sampai terlupa untuk memperhatikan tekanan angin pada ban baru tersebut. Sesuaikan dengan standard pabrikan mobil Anda supaya sesuai dan nantinya ban serta mesin mobil lebih awet. Dianjurkan untuk meningkatkan tekanan ban baru sekitar 5-10% dengan tujuan menjaga kestabilan bentuk ban baru tersebut. Sekaligus menjadikan bentuk ban tidak mudah mengalami perubahan sehingga cenderung awet dan meningkatkan keamanan selama mengemudi.

  • Pertimbangkan sekalian melakukan spooring dan balancing,

Banyak mekanik menyarankan pemilik mobil yang tengah ganti ban baru untuk sekaligus melakukan spooring dan balancing. Kedua tindakan ini memang membuat Anda perlu merogoh kocek tambahan dan bisa dibilang agak lumayan. Namun hasilnya ban baru mobil Anda akan benar-benar terpasang dengan pas dan meningkatkan kenyamanan mengemudi. Sebab balancing ditujukan untuk menyeimbangkan antara bentuk ban dengan diameter velg. Sementara untuk spooring bertujuan untuk menyelaraskan gerakan roda mobil saat dijalankan, jadi bebas resiko slip dan sebagainya.

  • Dianjurkan memilih angin nitrogen,

Ketika diminta memilih isi angin ban berupa angin biasa atau nitrogen, kira-kira Anda akan memilih yang mana? Memang selama ini masih banyak pengguna mobil yang memilih angin biasa karena dianggap lebih murah. Namun dari segi kualitas tentu lebih dianjurkan memilih angin nitrogen, karena tekanannya lebih stabil dan tidak mudah memuai ketika suhu sekitar naik. Maka saat parkir di tempat terik Anda tidak perlu cemas lagi ban mobil akan meledak atau kempes dengan sendirinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *