4 Trik yang Bisa Bantu Menghemat Bahan Bakar Pada Mobil Kesayangan Anda

Kini semakin banyak pengemudi mobil yang mulai menerapkan teknik eco driving setiap kali mengemudi mobil pribadinya. Tujuan dari pengaplikasian teknik ini adalah untuk membantu menghemat konsumsi bahan bakar sekaligus meminimalkan terbentuknya polusi udara. Sebagai akibat dari proses pembakaran yang dilakukan mesin mobil ketika di kemudikan, sehingga sangat baik untuk diterapkan oleh siapa saja. Sayangnya meskipun diterapkan dengan baik tidak menutup kemungkinan bahan bakar mobil tetap tidak irit, kenapa bisa begitu? Alasannya ternyata sangat beragam, dan untuk membantu menjadikan konsumsi bahan bakar ini lebih hemat maka lakukan tindakan ini:

  • Memilih bahan bakar sesuai spesifikasi mesin,

Teknik termudah untuk memastikan konsumsi bahan bakar mobil Anda semakin irit adalah dengan memilih bahan bakar yang sesuai. Kesesuaian ini bisa diperhatikan dari rasio kompresi yang bisa dilihat dari buku manual yang diterima saat membeli mobil tersebut. Supaya hasil pembakaran sempurna dan tidak perlu menginjak pedal gas terlalu kuat sesuaikan saja oktan bahan bakar sesuai spesifikasi mesin mobil. Dijamin berhenti isi bensin di pom akan semakin berkurang kalau diterapkan.

  • Memperhatikan tekanan angin pada ban mobil,

Kira-kira seberapa sering tekanan angin pada mobil dicek? Jawaban nyaris semua orang dilakukan ketika ban terasa kempes atau mungkin terlalu banyak anginnya sehingga perlu ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan. Padahal ketika mobil memiliki ban dengan tekanan angin yang pas akan membantu menghemat konsumsi bahan bakar. Lantaran mesin tidak kelebihan muatan, sebab ban sudah membantu mengangkat beban muatan sehingga cek terus tekanan angin ban agar bensin tidak bocor.

  • Hindari kemungkinan mobil mengalami overload,

Beban yang dibawa oleh mobil Anda akan menentukan seberapa keras mesin mobil tersebut bekerja agar roda ban mobil bisa bergerak dengan nyaman di jalanan. Usahakan memperhatikan kapasitas muatan dari spesifikasi mobil yang dimiliki agar tidak sampai overload. Muatan yang berlebihan selain merusak komponen mesin mobil juga berdampak pada borosnya bahan bakar. Sebab ketika mesin bekerja terlalu berat otomatis bahan bakar yang digunakan pun semakin banyak, maka batasi muatan Anda agar bahan bakar mobil lebih efisien.

  • Rajin untuk melakukan service berkala,

Pada dasarnya komponen atau sparepart di dalam mesin mobil memiliki masa kadaluarsa, sehingga akan aus ketika tanggalnya sudah tiba. Menentukan masa layak pakainya tidak bisa dengan melihat tanggal kadaluarsa sebagaimana pada produk makanan. Melainkan dengan cara dibongkar dan dicek kondisinya secara langsung, tugas ini dilakukan mekanik sehingga jangan malas untuk rutin service berkala. Bisa ke bengkel resmi maupun non-resmi yang dirasa paling cocok di hati, sehingga saat komponen baik maka mesin bekerja optimal dan bahan bakar lebih irit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *