Bersihkan Dashboard yang Kusam dengan Menggunakan Benda Ini!

Dashboard kerap digunakan untuk meletakkan benda tertentu misalnya minuman ataupun makanan. Seiring berjalannya waktu, dashboard menjadi kusam dan harus dibersihkan agar interior mobil Anda tetap dalam kondisi yang bagus. Untuk membersihkan dashboard agar tetap terlihat bersih dan tidak kusam, Anda bisa menggunakan benda berikut ini.

Pertama adalah kanebo atau kain lap mikrofiber. Kain ini dapat menyerap air dan lembab lebih lama. Gunakan kanebo untuk mengusapkan di bagian dashboard sehingga tampilan dashboard menjadi terlihat lebih bersih dan tidak kusam.

Kedua adalah mempergunakan vacum cleaner. Sebelum Anda bersihkan dengan menggunakan kanebo atau dengan lap, bersihkan terlebih dahulu debu atau kotoran yang ada di dashboard dengan mempergunakan kemoceng ataupun vacum cleaner. Anda bisa menggunakan jenis vacum cleaner yang kecil sehingga bisa Anda bawa kemana saja dan bisa digunakan untuk membersihkan di tempat yang tidak terjangkau tangan agar tidak merusak komponen lain. Vacum cleaner tersebut bisa dipergunakan untuk menyedot kotoran atau debu di tempat terkecil di dashboard sehingga bisa bersih secara menyeluruh.

Ketiga adalah menggunakan cairan pembersih. Pilih cairan pembersih yang khusus untuk interior mobil. Hindari untuk menggunakan sabun pencuci piring atau jenis sabun yang lainnya karena hal tersebut justru akan menyebabkan bekas yang susah dibersihkan atau membuat dashboard menjadi lebih kusam dibandingkan sebelumnya. 

Keempat adalah menggunakan media pembersih yang ukurannya kecil seperti brush, sukat atau cotton bud untuk mempermudah Anda menjangkau bagian di dashboard yang hendak dibersihkan.

Kelima adalah mempergunakan minyak zaitun. Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang sering dipergunakan untuk merawat kulit Anda. Anda bisa menggunakan minyak zaitun agar dashboard lebih bersih dan tidak kusam. Caranya adalah dengan menggunakan lap bersih, misalnya dengan kanebo yang sudah dibasahi dengan air. Kemudian berikan minyak zaitun secukupnya dan usapkan ke bagian dashboard mobil Anda yang sudah dibersihkan sebelumnya. Gosok atau usapkan beberapa kali hingga beberapa kali agar dashboard mobil milik Anda menjadi bersih kembali.

Keenam adalah menyemprotkan cairan pelindung dashboard. Setelah Anda membersihkan dashboard, Anda harus menyemprotkan cairan pelindung khusus untuk melindungi dashboard Anda dari paparan sinar matahari. Karena dashboard berada di bagian depan mobil pastinya akan sering terpapar sinar matahari dan secara perlahan bisa menyebabkan dashboard tersebut menjadi kusam dan warnanya menjadi tidak sebagus saat pertama kali memiliki mobil tersebut. Karena hal tersebut mau tidak mau Anda harus memberikan semprotan khusus untuk dashboard atau yang mampu untuk melindungi dashboard Anda sehingga bisa lebih awet warnanya. Jangan lupa untuk selalu membersihkan dashboard secara rutin terutama setelah dashboard Anda terkena tumpahan minuman atau kuah makanan karena jika tidak segera dibersihkan bisa meninggalkan noda yang susah untuk dibersihkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *