Cara Bijak Memilih Mobil yang Tepat untuk Keluarga Anda

Beragam jenis transportasi hadir untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas. Ada sepeda motor, mobil, sampai pesawat terbang yang bisa membantu kita berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu singkat. Selain sepeda motor, mobil menjadi alat transportasi pribadi yang banyak dipilih oleh masyarakat. Penggunaannya yang lebih mudah serta daya tampung lebih banyak tentu menjadi alasan tersendiri. Terutama bagi para keluarga yang sering bepergian bersama ke suatu tempat. Hal ini rupanya menjadi fokus tersendiri bagi para produsen kendaraan, termasuk memproduksi mobil khusus keluarga.

Mobil keluarga tentunya berbeda dari jenis mobil lain, seperti city car atau sport car. Jenis mobil ini memiliki daya tampung dan performa yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam memilih mobil keluarga sendiri biasanya ada pertimbangan khusus dari para pembeli, seperti:

  • Kapasitas mobil

Hal paling penting yang wajib Anda perhitungkan adalah daya tampung dari sebuah mobil. Tentu akan terkesan janggal saat Anda membeli mobil berkapasitas 4 orang, sementara anggota keluarga berjumlah 7 orang bukan? Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan kapasitas sebuah mobil, apakah mampu menampung seluruh anggota keluarga atau tidak. Mungkin tidak akan menjadi masalah untuk membeli city car bagi keluarga kecil, tapi akan bermasalah untuk keluarga yang beranggotakan 7 – 8 orang. Sudah banyak produsen mobil yang sengaja merilis mobil khusus keluarga dengan kapasitas besar.

  • Budget

Menyesuaikan mobil yang hendak dibeli dengan budget yang dimiliki menjadi hal paling penting. Jangan sampai Anda membeli sebuah mobil melebihi batas kemampuan Anda. Daripada memaksakan diri, tak ada salahnya memilih mobil bekas berkualitas. Itupun dengan memperhitungkan biaya perawatan serta operasionalnya. Memperhitungkan biaya rutin ini dapat membantu Anda menekan biaya bulanan untuk dialokasikan ke kebutuhan lainnya.

  • Keselamatan

Segala hal bisa terjadi selama Anda berkendara, jadi jangan menganggap sepele beragam fitur keselamatan. Anda bisa membandingkan beberapa jenis mobil dari segi keselamatan ini. Misalkan saja mobil yang telah dilengkapi dengan fitur canggih, seperti airbag serta rem ABS. Untuk mobil keluarga, ada baiknya setiap kursi penumpang telah dilengkapi dengan seat belt. Pilih pula mobil yang telah dilengkapi dengan penguncian otomatis bagi Anda yang memiliki anak balita.

  • Kenyamanan

Hal paling penting selanjutnya adalah faktor kenyamanan dari sebuah mobil. Bagi para orangtua, kenyamanan buah hati pasti menjadi perhatian utama. Anda tentu tidak ingin anak merasa gelisah saat dalam perjalanan jauh. Oleh karena itu, pilihlah mobil yang memiliki kabin penumpang senyaman mungkin. Jangan sampai kabin penumpang terasa panas dan malah berujung pada kerewelan buah hati. Anda dapat mencoba atau test drive beberapa mobil keluarga jika dirasa perlu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *