Cara Merawat dan Membersihkan Karet Kaca dan Pintu Mobil

Mobil memiliki berbagai macam komponen yang memiliki fungsi tersendiri agar mobil bisa berfungsi secara optimal dan salah satunya adalah bagian karet yang ada di kaca dan pintu mobil. Karet pada pintu dan kaca mobilĀ berfungsi untuk peredam bibir pintu, menutup rapat bagian celah pintu dan jendela sehingga nantinya ketika kondisi tertentu misalnya saat hujan, tidak mudah dimasuki oleh air.

Sama seperti bagian atau komponen mobil yang lainnya, karet pintu juga mempunyai masa kadaluarsa sehingga tidak bisa untuk digunakan secara maksimal. karet yang sudah tidak bagus digunakan adalah karet yang memiliki tesktur yang keras atau getas yang tidak lagi elastis. Ciri lainnya adalah saat pintu hendak Anda tutup, akan terdengar suara benturan yang cukup keras. Hal tersebut disebabkan karena karet yang ada di ada di pintu tersebut tidak mampu untuk meredam benturan dengan sempurna.

Karet kaca sendiri bisa getas dan kotor disebabkan karena berbagai macam alasan yaitu bisa karena cuaca ataupun lingkungan seperti hujan dan panas. Biasanya jika karet pada kaca dan pintu tersebut memudar warnanya atau kering, pemilik mobil memilih untuk menyemir kembali walaupun nantinya karet tersebut akan kembali memutih dan bahkan lebih cepat kering. Agar karet yang ada di kaca dan pintu mobil menjadi lebih awet dan tahan lama, terdapat cara membersihkan dan merawatnya.

Perawatan pada karet kaca agar tetap awet :

  • Bersihkan setelah Anda selesai mencuci serta mengeringkan mobil Anda.
  • Siapkan kuas, lap, cairan bersilikon. Untuk kaca depan dan belakang yang memiliki karet yang bersudut luas, bisa langsung menggunakan kuas untuk membersihkan kotoran dan debu. Setelah itu, gunakan lap yang sudah dibasahi atau diberi cairan bersilikon dan lap di permukaan karet secara perlahan.
  • Di sudut bagian yang susah untuk dijangkau bisa gunakan cutton bud yang diberi cairan pembersih bersilikon yang sebelumnya sudah dibersihkan dengan kuas.
  • Di bagian dalam pastikan sudah bersih dari kotoran dan debu dan lap dengan cairan silikon.
  • Untuk tahapan terakhir, gunakan semprotan cairan bersilikon khusus untuk karet kaca di semua bagian dan secara bertahap. Biarkan hingga meresap dan kemudian bersihkan cairan yang meluber.

Untuk merawat karet yang ada di kaca dan pintu, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Hindari untuk parkir di bawah papan terik matahari secara langsung. Hal tersebut disebabkan karena panas dari sinar matahari bisa menyebabkan karet menjadi lebih cepat getas dan keras.
  • Hati-hati saat keluar masuk mobil dan hindari untuk tidak terlalu sering menyentuh karet pintu dan kaca secara langsung karena dapat menyebabkan karet mudah terlepas dan tergores.
  • Hindari untuk menggunakan minyak anti karat dan cairan beremulsi tinggi.
  • Gunakan pembersih khusus dengan silikon.
  • Lakukan perawatan minimal 1x dalam 2 bulan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *