Cara Merawat Mobil Jenis Matic dengan Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

Jika Anda gemar dengan dunia otomotif, maka mobil matic rasanya bukan lagi hal yang asing lagi bagi. Anggapan bahawa mobil matic membutuhkan biaya yang ekstrapun menjadi sebuah pernyataan yang sangat sering Anda dengar ketika membahas mobil matic. Belum lagi merawat mobil matic tergolong sulit karena tidak semua mobil mampu melakukan perbaikan trasnsisi matic ini.

Jika itu yang menjadi momok Anda untuk membeli mobil matic maka Anda perlu memikirkan jika Anda tinggal di kota besar yang memiliki lalu lintas yang padat dan sering sekali macet. Tentunya mobil matic menjadi solusi kenyamanan berkendara Anda. Kendaraan yang satu ini juga memiliki daya jual kembali yan glebih baik ketimbang mobil manual. Sehingga jika Anda tidak perlu khawatir mengenai harga jual mobil ini. Bila Anda tertarik untuk membeli mobil matic maka simak cara merawat kendaraan mobil Anda agar tetap awet:

  • Rutin

Hal yang sangat penting bagi pemilik kendaraan matic adalah secara rutin mengecek kondisi oli. Hal ini dapat Anda lihat dari volume oli yang terletak pada atas gearbox. Hal ini sangat penting karena jika sudah menunjukan tanda-tanda oli akan habis, Anda dapat dengan segera melakukan perawatan mobil Anda.

  • Deteksi sejak dini

Anda dapat melakukan deteksi sejak dini pad amobil matic Anda. Beberapa hal yang dapat Anda deteksi sejak dini adalah mobil terletak pada speed yang tinggi tapi kecepatan kendara Anda masih rendah. Persneling yang terasa lebih berat atau adanya hentakan saat gigi gearbox berpindah.

  • Periksa Ban

Bagaimana mobil Anda dapat melaju apabila tidak ada ban yang menempel pada mobil Anda. Anda dapat melakukan pergantian berkala mobil Anda sebab ban mobil yang telah halus disertai dengan transisi matic akan bahaya jika Anda mengalami selip. Sebab hentakan gigi gearbox yang tergolong halus tidak membantu Anda ketika terjebak ban selip.

  • Jaga Air dalam radiator

Air radiator ini berfungsi untuk menjaga mesin tetap dingin dan berfungsi secara baik. Sehingga bagi Anda yang memiliki mobil baik manual maupun matic hendaknya Anda menjaga air radiator supaya mobil Anda tidak mengalami mogok yang disebabkan oleh overheat.

  • Bersihkan karburator

Ketika mobil Anda tidak dapat dihidupkan maka hal yang perlu Anda cek adalah saringan karburator Anda. Karena bagi Anda yang jarang melakukan perawatan maka pengecekan saringan karburator ini sangat diperlukan karena karburator yang sedikit kotor membuat mobil Anda sulit distarter. Cara merawat melakukan perawatan pribadi mengenai karburator yakni dengn mencabut saringan karburator kemudian bersihkan dengan kuas atau sikat. Anda juga dapat menggunakan hair dryer untuk mempercepat luluhnya kotoran. Namun Anda juga harus berhati-hati karena panas yang ditimbulkan oleh hair dryer dapat merusak dindin saringan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *