Cara Mudah Membersihkan Karat Pada Kendaraan

Kendaraan yang berusia tua pada dasarnya memang memiliki jauh lebih banyak masalah dibandingkan dengan yang baru, mulai dari kondisi mesinnya yang sudah mulai turun. Hingga terkadang tampilannya yang tak lagi ‘bersih’ meskipun sering dicuci, karena bagian cat mobil tak lagi semulus dulu. Hanya saja beberapa orang cenderung tetap menggunakannya dengan berbagai macam alasan, mulai dari mobil kenangan hingga sebagai koleksi di rumah, sebagai salah satu kolektor kendaraan tua yang sudah tak diproduksi lagi beberapa orang memang mendapatkan sebuah kebahagiaan dengan memilikinya.

Wajar memang jika kondisi mesin kendaraan tersebut mengalami penurunan dan memang sudah tidak dapat diperbaiki lagi, karena sudah sangat jarang diantara komponennya yang dijual di pasaran. Hanya saja dari segi tampilan sendiri sebenarnya bukan hal yang mustahil ketika Anda ingin membuatnya terlihat lebih baik. Salah satunya adalah ketika ingin mengatasi bagian yang berkarat. Karat pada kendaraan disebabkan karena berbagai faktor. Oksidasi yang memicu munculnya warna kekuningan dan sulit untuk diatasi.

Agaknya hal ini bisa dibersihkan dengan cara yang mudah tanpa harus datang ke bengkel dan menghabiskan banyak uang, berikut ini cara mudah untuk menghilangkan karat pada kendaraan yang dapat Anda coba sendiri, diantaranya adalah:

  • Membersihkan karat pada bagian eksterior kendaraan, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, diantaranya adalah sikat, kertas gosok yang kasar, kemudian cairan pembersih karat, detergen dan juga lap jangan lupa juga cairan pelindung karat. Cara kerjanya sangatlah mudah, yaitu gosok bagian yang berkarat dengan menggunakan kertas gosok kasar tersebut, lakukan hingga permukaan yang ditumbuhi oleh karat tersebut bersih. Kemudian Anda bisa mulai untuk menyemprotkan cairan pembersih karat yang banyak dijual di pasaran, gosok ke bagian permukaannya hingga bersih. Mulailah mencuci eksterior kendaraan seperti biasa, yaitu menggunakan air dan juga detergen. Setelah itu keringkan bagian yang sudah bersih dari karat dan olesi menggunakan cairan pelindung karat. Selesai mobil kembali seperti sedia kala.
  • Membersihkan karat di bagian interior, meskipun kondisinya tertutup, namun tidak bisa dipungkiri jika seandainya interior juga sering bermasalah dengan karat ini. Cara untuk mengatasinya sangatlah mudah, yaitu gunakan cairan asam, rendam bagian yang berkarat dengan air jeruk nipis atau cuka, kemudian gosok-gosok bagian tersebut dengan menggunakan kertas gosok yang kasar. Lakukan hingga semua bagian yang berkarat bersih. Jangan lupa untuk melapisinya dengan cairan pencegah karat, agar karat tak muncul kembali.

Karat adalah sebuah reaksi kimia yang disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti diantaranya adalah kelembapan udara yang sangat cepat perpindahannya dari kondisi yang panas menjadi dingin. Lingkungan yang basah dalam waktu lama, bahan-bahan kimia dengan sifat asam dan juga polusi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *