Cara Tepat Merawat Velg Mobil Kesayangan Anda Supaya Tidak Cepat Rusak

Velg merupakan salah satu komponen paling penting yang ada pada sebuah mobil, keberadaannya berfungsi untuk menopang ban dan mobil saat berjalan. Seperti yang diketahui walaupun velg mempunyai lapisan luar ban tetapi tetap saja akan membahayakan jika terkena benturan trotoar yang keras. Bahaya disini adalah dalam artian velg kendaraan Anda akan mudah rusak, misalnya penyok, retak, pecah atau lainnya yang membuat kondisi tidak sama seperti diawal. Jika sudah terjadi seperti itu mau tidak mau sebagai pemilik harus memperbaiki atau bahkan harus mengganti.

Tetapi sebelum Anda melakukan perbaikan lebih baik amati terlebih dahulu, seberapa besar kerusakan apakah parah atau masih dalam kondisi sedang. Jika memang sudah parah, mau tidak mau Anda harus memperbaiki atau mengganti dengan biaya yang tidak murah. Makanya supaya hal tersebut tidak sering terjadi lakukan perawatan yang tepat. Berikut ini ada beberapa tips melakukan perawatan pada velg kendaraan Anda yaitu:

  • Cek kondisi.

Pertama Anda harus melihatnya terlebih dahulu, cek apakah kondisi dari velg tersebut sudah sangat mengganggu performa ataupun tidak. Jika memang kerusakan masih dalam tingkatan sedikit sepertinya tahapan perbaikan belum begitu terlalu diperlukan. Tetapi jika memang sudah sangat mengganggu apalagi untuk kecepatan tinggi lebih baiknya segera diperbaiki.

  • Langsung ke bengkel.

Sebuah velg dalam kondisi yang rusak memang memerlukan keahlian perbaikan sendiri, jadi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Akan lebih amannya Anda bisa langsung membawa ke bengkel, sebuah bengkel juga memerlukan berbagai cara dalam memperbaiki. Misalnya dengan diketok, dipanaskan atau mungkin yang akhir-akhir ini sering dilakukan bengkel modern adalah dengan di press di mesin khusus.

  • Hindari permukaan jalan tidak rata atau berlubang.

Jika memang kondisi velg yang rusak sering Anda alami akan lebih baiknya periksa saat pemakaian mobil. Hindari jalan-jalan yang berbatu atau mungkin berlubang supaya velg tidak berbenturan terlalu keras dan menyebabkan retak atau patah.

  • Pemeliharaan velg.

Velg juga merupakan komponen mobil yang memerlukan perawatan khusus, artian khusus disini adalah selalu periksa kondisi ban apakah dengan angin yang cukup atau tidak. Lihat juga tekanan angina saat kondisi panas dan juga dingin atau hujan tentu kebutuhannya juga akan berbeda. Lalu saat akan mencuci juga sebaiknya diamkan terlebih dahulu sebelum menyiram air, karena jika dalam keadaan panas langsung disiram akan mudah jamur timbul.

Jika setiap komponen pada mobil diperhatikan perawatan dan pemeliharaannya dengan baik tentu tidak akan mengganggu kenyamanan saat berkendara lagi. Walaupun hanya velg tetapi mempunyai peran yang sangat penting, apalagi jika barang tersebut selalu mengalami kerusakan tentu membuat Anda selalu terkendala saat akan menggunakan. Maka dari itu penting mengetahui cara perawatan setiap komponen pada mobil, salah satunya velg.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *