Fungsi Penting Shockbreaker Pada Mobil

Anda tentunya pernah berkendara dengan menggunakan mobil, di medan yang memang memiliki banyak gelombang ataupun bebatuan. Jika berkendara dengan mobil pada medan seperti tersebut, biasanya baik para pengemudi ataupun penumpang lainnya yang berada didalam mobil, tidak akan begitu merasakan goncangan dari medan yang bergelombang tersebut. Mengapa bisa demikian? Hal tersebut lebih disebabkan karena fungsi dari salah satu komponen yang ada didalam mobil tersebut, dimana fungsi peredaman menjadi tugas utama dari komponen yang satu ini. Biasanya komponen ini akan memiliki letak di dekat dengan roda dari mobil tersebut. Ya, shockbreaker merupakan komponen penting dalam mobil yang memiliki fungsi untuk meredam adanya goncangan yang terjadi diluar mobil, akibat medan yang bergelombang.

Secara umum, alat peredam goncangan pada mobil ini akan memiliki penurunan fungsi jika mobil telah digunakan untuk menempuh jarak yang sangat jauh. Jika shockbreaker ini mengalami penurunan fungsi dan tidak dapat menahan goncangan yang terjadi ketika melewati jalanan bergelombang, maka perbaikan haruslah segera Anda lakukan. Gejala dari menurunnya fungsi komponen peredam ini adalah adanya bunyi jeduk, seperti suara shockbreaker mentok pada bagian mobil. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada baiknya jika Anda membawa mobil kepada para ahli shockbreaker ataupun bengkel mobil yang memang dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Secara umum kerusakan seperti yang tersebut diatas, dapat mengindikasikan bahwa klep oli dalam tabung shockbreaker tengah mengalami kerusakan ataupun bocor. Jika kerusakan ini terjadi, biasanya para ahli ataupun bengkel akan memberikan alternatif bagi Anda untuk melakukan penggantian tabung shockbeker dengan 2 pilihan, yaitu:

  • Menggunakan tabung shockbreaker copotan untuk merekondisi kerusakan yang terjadi pada shockbreaker.
  • Menggantinya dengan tabung baru, untuk pemakaian dalam jangka waktu yang panjang.

Kedua pilihan alternatif pada perbaikan shockbreaker mobil Anda ini, haruslah dipilih sesuai dengan kondisi budget dan kelayakan tabung yang akan Anda gantikan. Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada klep oli shockbreaker ini, sebetulnya beberapa langkah dapat Anda lakukan, seperti jika memang mobil banyak mengeluarkan suara seperti jedug atau roda membentur bagian dasar body mobil, maka segeralah cek kondisi oli pada shocbreaker, jika oli berkurang maka segera tambahkan ataupun ganti oli yang ada dalam shocbreaker.

Namun dalam penggantian ini, akan lebih disarankan bagi Anda untuk dapat melakukannya pada bengkel-bengkel terpercaya, ataupun bengkel resmi dari merek mobil yang Anda gunakan, agar nantinya Anda dapat memperoleh hasil yang maksimal. Bagi Anda para pemilik mobil Toyota, juga akan sangat disarankan bagi Anda untuk mengecek dan melakukan pergantian oli shockbreaker mobil Anda pada bengkel resmi Toyota, yang kini banyak tersebar diberbagai wilayah di Indonesia. Dengan membawa keluhan pada bengkel resmi, maka Anda telah menyerahkan permasalahan kepada ahlinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *