Ini Dia Cara Membersihkan Jok Mobil dengan Benar dan Tepat

Merawat mobil artinya menjaga kebersihan seluruh bagian di dalam mobil, termasuk jok mobil. Bagian dalam mobil ini paling sering bersentuhan dengan para pengendara serta penumpang di dalamnya. Jok mobil tanpa disadari seringkali tertempel noda dan kotoran yang terlambat dibersihkan. Sehingga kerap menimbulkan bekas noda yang terlihat kotor dan tak enak dipandang. Ada banyak cara untuk merawat jok mobil, tergantung pada bahan jok itu sendiri. Salah satu bahan yang paling banyak dipilih adalah kulit sintetis maupun kulit asli.

Jok berbahan kulit dirasa jauh lebih nyaman dan sejuk saat ditumpangi. Selain itu, bahan inipun terlihat jauh lebih elegan dan mudah dijumpai di pasaran. Cara merawat jok mobil berbahan kulit terbilang gampang-gampang susah. Satu kunci perawatannya terletak pada rajin atau tidak pemilik mobil membersihkan bagian tersebut. Diluar dari itu, ada pula perawatan yang dibutuhkan oleh jok berbahan kulit, seperti:

  • Lotion

Kulit asli memiliki daya tahan yang cukup panjang, tetapi membutuhkan perawatan khusus. Anda harus rajin mengoleskan lotion khusus kulit untuk mencegah retakan yang terjadi pada permukaannya. Sama halnya dengan kulit manusia, bahan ini memang rentan mengalami kekeringan, sehingga membutuhkan pelembab ekstra. Lotion sendiri hanya berfungsi pada kulit asli, sedangkan kulit sintetis membutuhkan pembersih khusus yang tersedia di pasaran.

  • Panas

Pada dasarnya kulit memiliki suhu dasar hangat atau sedikit panas. Sebelum membersihkannya, Anda harus paham betul akan hal tersebut. Bagi Anda yang tinggal di daerah dingin, sebaiknya nyalakan pemanas mobil beberapa saat sebelum membersihkan bagian jok. Sedangkan Anda yang tinggal di daerah bertemperatur panas tak harus melakukannya. Cukup lap jok mobil berbahan kulit menggunakan kain lembut yang kering untuk mengangkat kotoran dan debu yang menempel.

  • Lap dan pembersih

Banyak orang menggunakan pembersih bodi mobil untuk membersihkan jok bagian dalam. Cara ini sangat tidak dianjurkan untuk jok mobil berbahan kulit. Pembersih khusus kulit sudah sangat mudah untuk dibeli, manfaatkan hal tersebut. Pakai pula lap bertekstur lembut untuk mengangkat kotoran yang menempel. Dengan bantuan pembersih khusus dan sedikit air, kotoran lebih mudah hilang tanpa merusak tekstur serta warna asli dari jok kulit.

  • Kondisioner

Layaknya cairan pembersih, kondisioner khusus jok mobil pun dapat Anda pilih. Sebelum diaplikasikan, pastikan jok benar-benar dalam kondisi sudah kering. Hindari menyemprotkan kondisioner dalam kondisi jok mobil masih basah. Meskipun bahan kulit tahan air, bukan berarti bisa Anda semprotkan kondisioner secara langsung. Sebab kondisioner bekerja untuk memuluskan serta mempertahankan kilap pada jok mobil. Jika Anda aplikasikan dalam kondisi basah, kondisioner tidak akan bekerja maksimal dan sempurna seperti yang Anda harapkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *