Ini Dia Keuntungan Mobil yang Menggunakan Bahan Bakar Oktan Tinggi

Kini pemerintah sudah mencabut subsidi untuk bahan bakar minyak, dimana meluncurkan jenis bahan bakar baru dengan nilai oktan tinggi. Ini akan membuat mesin kendaraan bermotor lebih bertenaga karena pembakaran sempurna, kualitas lebih bagus tentu akan diberikan harga lebih tinggi namun bagaimana jika selisih kurang dari seribu rupiah. Harga bahan bakar non subsidi memang selalu naik turun, mengikuti harga pasar minyak dunia.

Padahal mobil yang menggunakan bahan bakar beroktan tinggi bisa lebih bertenaga, mesin awet dan ramah lingkungan. Seperti diketahui, untuk bahan bakar premium hanya memiliki oktan 88 sedangkan bahan bakar minyak pertamax dengan kualitas oktan 92, harga yang lebih mahal tentu memberikan hasil lebih bagus. Untuk mobil baru yang belum menggunakan bahan bakar beroktan rendah, sebaiknya mulai pemakaian dengan oktan tinggi.

Bahkan bahan bakar pertamax memang memilih keunggulan lebih banyak, mulai dari penambahan zat aditif yang berfungsi membuat pembakaran lebih sempurna dan tidak menyisakan racun berbahaya seperti karbon CO2, ini akan ramah lingkungan sehingga pemerintah memberikan dukungan penuh, bahkan kini sudah banyak pom pengisian bahan bakar yang menyediakan pertamax. Berikut ini beberapa keuntungan kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar pertamax dari pada premium:

  • Performa kendaraan bermotor meningkatkan. Adanya zat aditif dalam pertamax membuat sistem pembakaran lebih sempurna, sehingga memberikan dorongan menghasilkan tenaga lebih banyak. Mesin juga lebih awet dan tidak mudah rusak, bahkan kendaraan mewah disarankan tidak lagi menggunakan bahan bakar premium.
  • Tanpa menyisakan timbal. Bahan bakar dengan nilai oktan tinggi tidak akan mengandung timbal, ini senyawa yang masih ada dalam bahan bakar premium. Membuat ruang bakar dipenuhi timbunan timbal dan bahan bakar tidak terserap sempurna, dalam jangka waktu lama bisa terjadi penyumbatan akibat penumpukan tersebut.
  • Pertamax lebih baik digunakan untuk motor dan mobil matic. Kendaraan automatic memang sudah banyak menggunakan sistem komputasi dan bermesin injeksi, menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi akan membuat perawatan lebih mudah dan tidak perlu rutin perawatan di bengkel. Ini tentu akan lebih hemat, karena lubang intake lebih bersih tanpa adanya timbal.
  • Ramah lingkungan. Hal yang membuat pemerintah mendorong masyarakat golongan menengah ke atas memilih bahan bakar pertamax dengan nilai oktan tinggi, ramah lingkungan karena tidak menyisakan polusi udara. Sisa pembuangan seperti zat berbahaya CO2 tidak lagi keluar dari sistem pembakaran, selain itu tidak perlu lagi mengeluarkan subsidi yang kurang menguntungkan.

Maka jangan heran, jika dua hingga tiga tahun mendatang. Banyak tempat pengisian bahan bakar minyak, tidak lagi menjual bahan bakar jenis premium. Ini memang jadi permintaan langsung pemerintah, selain harganya sudah sangat tinggi, merusak lingkungan dengan polusi yang tidak da habisnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *