Ini Dia Komponen Mobil yang Harus Anda Servis Pada Waktu Tertentu

Memiliki mobil harus memperhatikan berbagai komponen terutama komponen mobil yang memerlukan servis secara berkala. Hal tersebut agar komponen mobil dapat awet dan tahan lama serta memiliki performa yang maksimal. Bila lalai memperhatikannya, maka resiko cepat rusak akan menghampiri mobil Anda. Bagi Anda yang belum terlalu mengerti mengenai komponen apa saja yang perlu perhatian khusus, berikut adalah informasinya untuk Anda:

  1. AC. Air Conditioner atau AC merupakan bagian utama agar Anda nyaman berada di dalam mobil dan tidak merasa kepanasan meski cuaca di luar sedang panas. Komponen mobil satu ini harus rutin diservis sebagaimana komponen mesin seperti rutin mengganti oli. Bila AC rutin diservis, maka usia kompresornya pun lebih tahan lama. Pada umumnya servis pada AC dilakukan setelah menempuh jarak 10.000 km hingga 20.000 km. Tetapi bila keadaan udara tempat berkendara kurang bagus dengan polusi yang tinggi, maka servis AC dapat dilakukan ketika menempuh jarak sekitar 3000 km. biaya untuk melakukan servis AC memang lumayan besar tergantung merk dan tingkat kesulitan pada AC itu sendiri.
  2. Kaki-kaki. Servis pada komponen ini memang tidak sesering AC, yaitu setelah penggunaan 100.000 km atau setiap 5 tahun sekali. Itupun bila penggunaan mobil di jalanan datar dan tidak digunakan untuk jalanan yang ekstrim. Kaki-kaki mobil yang meliputi tierod, stabilizer, ball joint dan booshing harus diganti pada tentang penggunaan tersebut. Apabila pada rentang waktu tersebut sudah mulai merasakan ketidaknyamanan pada mobil, sebaiknya segera servis ke bengkel langganan. Dengan demikian kerusakan tidak akan semakin parah. Meski mahal, komponen tersebut dapat diganti dengan komponen yang sama tetapi dari bahan berbeda sehingga harganya lebih murah.
  3. Ban. Selain perawatan rutin pada ban untuk menjaganya tetap awet, langkah lainnya juga diperlukan. Kedudukan ban yang terkadang berubah karena digunakan untuk berkendara di jalanan yang kurang baik, membuat pengendara tidak nyaman. Oleh karenanya melalui proses spooring, ban diposisikan sebagaimana posisi dari pabriknya. Bila posisi ban tidak sesuai tempatnya, pengendara akan merasa tidak nyaman sehingga langkah ini dilakukan. Bukan hanya spooring saja, tetapi ban juga dilakukan proses balancing. Proses balancing ini dilakukan untuk menyeimbangkan putaran semua ban sehingga bisa berputar dengan normal seperti sedia kala. Kedua proses ini dapat dilakukan di berbagai bengkel dengan harga yang relatif murah dibandingkan servis pada AC atau kaki-kaki.

Perawatan mobil tidak hanya dilakukan dengan mencuci dan servis mesin saja. akan tetapi komponen lain yang memerlukan servis dalam rentang waktu yang lebih panjang juga harus diperhatikan. Bila lalai melakukan servis pada komponen-komponen tersebut, akan berakibat pada kerusakan mobil yang lebih parah. Meski biayanya tidak sedikit tetapi demi keawetan mobil tetap harus diservis. Dengan melakukan service secara berkala maka anda pun tidak akan dibebani dengan biaya yang besar untuk melakukan perawatan tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *