Kaca Mobil Kusam? Tergores Hingga Berjamur? Ini Solusi Mudah Mengatasinya!

Selain body maka bagian lain yang mempengaruhi estetika sebuah mobil adalah kaca, kaca ini adalah komponen bagian luar yang melindungi interior mobil. Juga mempermudah dalam berkendara, sehingga nantinya pengemudi bisa dengan jelas melihat kondisi jalanan luar. Jika kondisi kaca tidak terlalu baik, tentunya memberikan potensi rasa kurang aman ketika berkendara, tampilan atau nilai estetikanya juga jadi semakin berkurang. 

Diantara masalah yang sering terjadi pada kaca kendaraan ini mulai dari baret karena tergores oleh kendaraan atau bahan-bahan yang keras lainnya, kemudian buram karena tidak rutin dibersihkan, hingga kondisi yang paling fatal adalah jamuran dan juga pecah, nyatanya kaca juga sangat rentan mengalami jamuran, tumbuhnya jamur dengan ditandai warna putih-putih dan sulit untuk dihilangkan. Untuk menghindari berbagai macam resiko di atas, maka ada baiknya bagi Anda untuk melakukan beberapa macam perawatan mobil  ini:

  1. Bersihkan kaca mobil secara teratur, proses pembersihan kaca kendaraan ini bisa dilakukan setiap akan digunakan berkendara, sehingga tidak ada debu yang menempel dan menganggu pandangan mata nantinya. Cukup dengan mengandalkan sebuah lap bersih disertai dengan cairan pembersih kaca. Ada baiknya sebelum dilap maka debu dibersihkan menggunakan kemoceng terlebih dahulu, sehingga tidak menyebabkan bercak warna coklat atau putih-putih selesai dibersihkan.
  2. Kaca yang berjamur memerlukan perawatan khusus, ada beberapa jenis bahan yang bisa Anda pakai untuk hilangkan jamur tersebut, diantaranya adalah pasta gigi, tembakau atau cuka dapur, cara untuk membersihkannya juga terbilang mudah, sama seperti ketika Anda mencuci kaca mobil. Bedanya jangan lupa untuk memanfaatkan bahan yang satu ini untuk pembersihannya. Cuka bisa diaplikasikan terlebih dahulu pada kaca mobil, setelah menunggu beberapa waktu baru kemudian mulai dicuci hingga bersih.
  3. Baret yang terjadi pada kaca mobil hendaknya juga segera diatasi sehingga tidak menyebabkan resiko yang kian parah. Kaca yang tergores umumnya memiliki struktur yang tidak rata dan jika dilihat akan tampak sangat menganggu pandangan, untuk jenis goresan kecil bisa diatasi secara mudah dengan memakai bahan-bahan alami seperti ammonia atau pasta gigi, namun jika kondisinya parah mau tak mau harus bawa ke bengkel.
  4. Kaca pecah sebaiknya langsung diganti dengan yang baru, bagaimanapun jika kondisinya sudah sangat fatal yaitu sampai pecah maka tidak ada cara lain untuk mengatasinya selain dengan mengganti menggunakan yang baru. karena jika dibiarkan tentu akan sangat mengganggu tampilan mobil tersebut.

Perawatan kaca kendaraan ini harus dilakukan untuk membuatnya tetap bersih, terlihat indah dan pastinya nyaman digunakan untuk berkendara. Karena memang bagus tersebut paling rentan pecah, bahkan banyak diantara pemilik kendaraan yang tidak segan menggantinya dengan kaca anti peluru.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *