Lakukan 4 Perawatan Ini Supaya Rem Mobil Anda Lebih Awet

Mobil terdiri atas beberapa komponen, baik di dalam mesin yang mengatur sistem kelistrikan, gerak, dan bahkan pengereman. Khusus untuk semua komponen tersebut memang sifatnya vital maka ketika dijumpai kerusakan bisa

perawatan rem agar tetap awet
perawatan rem agar tetap awet

jadi disebabkan adanya gangguan di salah satunya. Gejala yang muncul akan menunjukan komponen mana yang rusak sehingga mekanik akan melakukan perbaikan sesuai dengan kebutuhan. Rem pada mobil termasuk komponen vital tersebut dan memang perlu perawatan khusus untuk menjadikannya lebih awet dan pakem, supaya pengaturan kecepatan mobil lebih mudah.

Perawatan Pada Rem Mobil

Keamanan dan kenyamanan berkemudi memang dipengaruhi oleh kondisi resmi terlebih untuk jalanan berkelok dan menanjak maupun menurun. Nah, menjadikan sektor pengereman lebih awet maka berikan perawatan sebagai berikut:

  • Rutin mengganti minyak rem,

Ketika pijakan pedal rem terasa kurang konsisten maka menjadi pertanda perlu segera mengganti minyak rem. Minyak khusus rem ini secara alami akan mengalami penurunan kualitas seiring pemakaian mobil tersebut. Maka perlu rutin mengganti minyak rem ini untuk memastikan rem selalu pakem, penggantian dilakukan setiap satu minggu sekali.

  • Mengecek kondisi kanvas rem,

Kanvas rem menjadi bagian yang perlu diganti secara rutin setelah minyak rem yang dijelaskan di atas. Hal ini karena pada bagian kanvas yang kasar cenderung akan menipis seiring bertambahnya jarak yang ditempuh oleh mobil tersebut. Memaksa mobil melaju dengan kanvas yang sudah menipis bisa meningkatkan resiko rem blong dan mudah tergelincir. Maka ganti secara berkala, dan tidak perlu terlalu sering karena biasanya kanvas ini perlu diganti setiap beberapa bulan sekali berganti intensitas pemakaian dan kondisi medan yang dilalui.

  • Memilih onderdil rem berkualitas,

Sistem pengereman sebuah mobil tidak hanya terdiri atas pedal rem saja melainkan ada beberapa bagian penting lainnya. Sebut saja seperti booster rem, master rem, selang rem, dan lain sebagainya yang ketika salah satunya rusak atau error maka akan mempengaruhi kualitas pengereman. Setiap kali service ke bengkel resmi usahakan untuk mengecek semua komponen tersebut supaya bisa diganti tepat waktu. Pastikan pula memiliki onderdil rem berkualitas supaya awet sehingga tidak terlalu sering menjumpai error.

  • Service di bagian rem setiap 5000 km,

Demi menghemat biaya service rutin maka bisa meminta mekanik untuk mengecek komponen tertentu saja di mobil. Sehingga tidak selalu mekanik akan memeriksa bagian rem mobil kesayangan, namun bisa diminta setiap 5000 km. Lantaran pada jarak tempuh tersebut biasanya sudah ada beberapa komponen yang luas, terutama minyak dan kanvas rem. Pengecekan oleh mekanik ahli sangat diperlukan untuk mengetahui komponen rem mana saja yang mesti diganti, memahami pentingnya service rutin akan meningkatkan keamanan berkendara.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *