Menilik Beberapa Kesalahan Saat Mencuci Mobil yang Masih Kerap Dilakukan

Agar mobil tetap terlihat kinclong dan dalam kondisi yang bagus apalagi saat memasuki musim penghujan dan digunakan di tempat seperti pedesaan ataupun di tempat yang banyak lumpur, maka Anda harus rutin untuk mencuci mobil. Biasanya, untuk mencuci mobil bisa dilakukan di tempat cuci mobil atau bahkan mencucinya sendiri. Namun, saat mencuci mobil sendiri, terdapat beberapa kesalahan yang masih kerap dilakukan.

Pertama adalah mencucinya di bawah terik matahari. Tidak sedikit orang yang mencuci mobil saat siang hari dan di bawah terik matahari langsung dengan tujuan jika terkena sinar matahari akan membuat mobil menjadi cepat kering. Akan tetapi, jika matahari terlalu terik, misalnya mencuci di luar rumah jam 12-2 siang, menyebabkan air dan sabun akan menjadi terlalu cepat kering dan akibatnya adalah terdapat noda sisa air atau sabun di body mobil yang terlihat seperti kerak dan hal tersebut akan mengganggu penampilan mobil Anda.

Kedua adalah menggunakan sabun piring. Terkadang, orang lebih memilih untuk menggunakan sabun piring sebagai pengganti sabun pencuci mobil karena alasan tertentu misalnya karena kehabisan. Akan tetapi, kandungan yang ada di dalam sabun pencuci piring tersebut cukup keras dan kurang bagus untuk cat mobil. Akibat jika menggunakan sabun pencuci piring tersebut adalah cat mobil menjadi tergores, cepat memudar dan belang sehingga menyebabkan eksterior mobil menjadi kurang bagus.

Ketiga adalah mempergunakan air sabun hanya sebanyak 1 ember. Sebagian besar orang hanya akan menggunakan 1 ember air sabun untuk mencuci mobil dan kemudian menggunakan sponge atau kain sabun lalu mengelapkan dan menggosokkannya ke body mobil. Kemudian akan mencelupkan lagi ke ember sabun dan mengulangi hal yang sama hingga air sabun habis. Kesalahannya adalah mobil yang belum dibersihkan langsung dibersihkan dengan air sabun dan sponge yang sama menyebabkan debu dan kotoran akan tersapukan kembali ke body mobil. Karena hal tersebut, mobil bisa kembali kotor. Untuk menghindari itu, gunakan 2 ember air yang berisi air sabun dan air bersih. Setelah digunakan untuk mencuci mobil, bersihkan sponge lebih dahulu ke air bersih baru dicelupkan lagi ke air sabun dan digunakan untuk mencuci mobil.

Kesalahan lainnya yang kerap dilakukan saat mencuci mobil adalah:

  • Tidak membersihkan dari atas ke bawah dan cenderung memulai dari bawah ke atas. Hal ini bisa menyebabkan kotoran yang ada di atas turun ke bawah dan akan kembali mengotori bagian bawah mobil dan bagian bawah mobil lebih kotor sehingga bisa menyebabkan bagian atas 2x lebih kotor.
  • Melewatkan untuk mencuci di bagian sela pintu terutama di bagian tempat kaki pengemudi ataupun penumpang yang kerap naik turun.
  • Mengabaikan membersihkan karpet dan dashboard dengan menggunakan lap lembab dan vacum cleaner.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *