Bingung Mengapa Rem Mobil Anda Terasa Tidak Pakem? Ini Dia Penyebabnya!

Sebuah mobil pastinya memiliki 2 sistem yang dapat membuat mobil tersebut dapat berjalan dan juga berhenti. Komponen tersebut adalah gas dan juga rem. Kedua komponen itu haruslah berada dalam keadaan yang prima ketika Anda gunakan, jika Anda ingin dapat berkendara dengan aman dan juga nyaman. Perhatikan kedua komponen tersebut, karena jika ada yang salah pada salah satunya, maka nyawa Anda lah taruhannya. Terutama yang harus diperhatikan adalah remnya. Jika rem tidak pakem atau tidak dapat dipakai dengan baik, hal tersebut bisa mengancam keselamatan Anda. Untuk itu, Anda harus selalu memperhatikannya dan mengetahui apa yang membuat rem Anda menjadi tidak pakem atau bekerja dengan kurang maksimal. Selain itu perawatan rem harus selalu dilakukan dengan baik. Berikut ini adalah penyebabnya:

  • perawatan rem agar tetap awetSistem Rem Rusak

Jika Anda merasa rem kurang pakem atau kurang berfungsi dengan baik, maka Anda bisa mencurigai bahwa adanya sistem di dalam rem tersebut yang rusak. Biasanya, rem memiliki sebuah bagian seperti karet yang memiliki sistem hidrolik. Jika sudah lama digunakan tanpa diganti, maka karet tersebut akan menurun kualitasnya dan dapat membuat terjadinya kebocoran minyak rem. Selain itu, Anda perlu menjaga sistem hidrolik yang ada pada rem agar Anda dapat mengendarai kendaraan Anda dengan aman dan nyaman.

  • Tekanan Vakum Tidak Terjaga

Jika Anda mengalami mati mesin ketika sedang mengendarai mobil, maka tekanan vakum yang ada dalam booster remnya tidaklah terjaga dengan baik. Tekanan tersebut memang tidak bisa dipertahankan. Hal tersebut membuat pengereman pada mobil hanya satu kali saja yang berfungsi dengan baik dan akan terasa berat ketika pengereman yang selanjutnya. Kurangilah tekanan yang ada dalam pedal rem dan hal ini akan membuat Anda dapat mengerem dengan baik dan lebih efektif.

  • Pemudaran

Hal ini dapat terjadi ketika resin yang ada dalam bahan pad dan juga sepatu rem menghasilkan gas jika temperature pada komponen tersebut meningkat. Hal ini akan membuat fungsi dan guna rem menjadi menurun karena gas tersebut mengurangi gesekan yang terjadi. Biasanya, masalah ini hanya terjadi pada periode awal saja. Hal tersebut dikarenakan pad dan juga sepatu rem sedang berada dalam kondisi yang terbilang tepat untuk membuat dan juga menghasilkan gas tersebut.

  • Penguncian Uap

Memang hal ini tidak terlalu dirasakan oleh para pengemudinya jika tidak dicek secara langsung. Meski tidak merasakan apa pun ketika menginjak pedal rem, maka Anda bisa merasakan jika ada yang salah dengan melihat efek dari pengereman yang dilakukan. Pastinya, pengereman akan lebih berkurang, terutama jika ditemukannya gelembung yang tercipta pada minyak rem. Gelembung tersebut berasal dari panas yang datang dari pad dan juga sepatu rem yang pindah pada minyak rem dan membuat minyak remnya menjadi mendidih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *