Simak Cara Tepat Merawat Mobil yang Perlu Diperhatikan Bagi Para Pemula

Sudah memiliki sebuah mobil, bagi pemula ini sebuah kebahagiaan dan perwujudan salah satu mimpi. Anda bahkan mengadakan sebuah perayaan sekaligus memperkenalkan mobil baru, mobil baru dengan pemakaian dalam kota selama 3 bulan akan baik-baik saja. Kendala baru akan muncul jika tidak adanya perawatan setiap harinya, bukan hanya membersihkan bagian luar saja namun pengguna kendaraan roda empat harus tahu bagaimana kondisi mesin.

Anda tidak perlu menjadi ahli mesin untuk tahu kondisi mobil sendiri, membeli mobil baru tentu akan tahu perubahan yang terjadi setelah pemakaian beberapa bulan setelahnya. Ada baiknya jika terjadi hal baru yang tidak dialami sebelumnya, segera lakukan servis untuk mendapatkan penanganan langsung sehingga tidak terjadi kerusakan parah. Tetapi kebanyakan pemula tidak tahu akan hal tersebut, maka dari itu setelah memiliki mobil harus cari tahu bagaimana perawatan harian yang tepat.

Mobil pertama untuk pemula memang banyak disarankan merk Toyota saja, karena mesin lebih bandel, irit bahan bakar, nyaman digunakan berbagai medan dan murah spare part aslinya. Untuk mengurangi kemungkinan terjadi kerusakan parah pada mobil, lakukan perawatan harian berikut ini:

  • Selalu cek air radiator. Sebelum memanaskan mobil, buka terlebih dahulu kap dan lihat air dalam karburator. Tambahkan hingga batasan tutup, usahakan tidak tumpah. Ini berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil, jika sampai kehabisan air makan terjadi overheat dan mesin akan mati akibat terlalu panas.
  • Lihat kondisi ban. Perawatan roda lebih mudah karena terlihat dengan jelas, ban yang bagus memiliki ketebalan tepat dan masih terdapat cetakan. Isi tekanan ban 30 hingga 33 psi, untuk kondisi penumpang penuh. Jangan mengisi angin terlalu keras, tidak enak dikendarai dan terpotensi meledak dalam kondisi panas, bisa saat dikendarai atau berada di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
  • Perawatan oli mesin. Pelumas mesin jadi hal penting yang tidak boleh lupa di cek setiap harinya, bahkan harus diganti setiap 5.000 hingga 10.000 km, tergantung penggunaan oli mesin. Lihat juga jumlah oli dalam mesin, caranya tarik stick oli yang ada di bagian samping mesin. Terdapat batasan minimal volume oli, jika kurang ditambahkan namun jangan sampai tumpah. Periksa juga kekentalan oli, warna gelap memperlihatkan oli sudah perlu di ganti meskipun belum memasuki waktu ganti.
  • Kondisi aki mobil. Tiba-tiba mesin tidak bisa dinyalakan dari stok kontak, mobil manual masih bisa anda siasati dengan penarikan tuas mesin secara langsung. Namun ini tidak bisa dilakukan pada mobil matic, pastikan akumulator mobil dalam kondisi bagus. Ada penanda pada bagian atas aki, jika berwarna biru maka aman digunakan, segera lakukan pengecekan jika terjadi perubahan warna.

Setelah dilakukan pengecekan rutin di atas, maka bisa memanaskan mobil dan mencobanya berputar area kompleks dahulu sebelum digunakan. Hal ini dilakukan untuk melihat kondisi mobil sebelum di pakai, karena banyak kasus mobil mogok saat digunakan padahal sudah dipanaskan terlebih dahulu sebelum di pakai.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *