Simak Faktor Penyebab Korsleting Pada Mobil Anda yang Membahayakan

Pada sebuah mobil pasti ada sistem kelistrikan masing-masing, dan tujuannya tentu untuk mengalirkan dan juga menghidupkan setiap komponen yang ada pada bagian mobil. Seluruh listrik yang dihasilkan pada mobil itu berasal dari aki, tidak heran jika peran penting aki yang tidak bisa digantikan dengan komponen lainnya. Jika mobil tanpa adanya aki pastinya tidak dapat dihidupkan dan berjalan seperti pada umumnya. Makanya dalam pemilihan aki sendiri tidak bisa sembarangan, banyak hal yang perlu dipertimbangkan salah satunya adalah keseimbangan dari kemampuan mobil itu sendiri.

Dalam sebuah mobil setiap komponen kelistrikan telah dibentuk dengan sedemikian rupa, jadi Anda sebagai pengguna juga tetap merasa aman saat menggunakannya. Walaupun begitu tetapi tetap saja ada kekhawatiran mengenai korsleting, walaupun keselamatan para konsumen menjadi hal utama dari desain produsen. Akibat fatal dari adanya korsleting sendiri adalah kemungkinan munculnya percikan api sehingga membuat mobil terbakar. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya Anda perhatikan beberapa penyebab berikut ini:

  • Karburator.

Gesekan yang terjadi pada karburator sehingga membuat kabel terkelupas merupakan salah satu penyebab yang sering muncul adanya korsleting pada mobil. Sebagai salah satu komponen penting dalam mobil karburator sepatutnya untuk selalu dilakukan pengecekan supaya tidak menimbulkan masalah yang besar.

  • Mesin yang tidak original.

Kebiasaan memodifikasi mobil sesuai dengan apa yang diinginkan merupakan salah satu yang sering dilakukan. Bahkan mereka semuanya yang mengganti dengan mesin yang non-ori tidak menyadari kemungkinan buruk adanya korsleting.

  • Kebocoran oli.

Dan penyebab selanjutnya adalah pada kebocoran oli yang membuat korsleting pada mobil Anda. Walaupun sebenarnya pada oli mobil sudah diberi lapisan supaya tidak bercecer tetapi saja kemungkinan besar bisa tumpah dan menuju arah vital mesin mobil.

  • Busi bocor.

Busi juga salah satu komponen yang memerlukan adanya aliran listrik untuk dapat melakukan tugasnya. Dengan demikian berarti busi bisa menjadi salah satu penyebab kosleting pada mesin mobil Anda. Mungkin karena busi yang mempunyai masa pakai sangat lama dan tidak dilakukan penggantian oleh pemilik mobil.

  • Ring injektor.

Mungkin Anda tidak asing dengan karet ring injektor pada sebuah mobil, umumnya dikenal dengan sebutan karet O. Nah, itu bisa menjadi salah satu pemicu munculnya kosleting pada mobil. Karena ketidak fleksibelan karet membuat selang akan bocor dan bahan bakar menetes.

Nah, itulah beberapa hal yang sering menjadi salah satu penyebab buruk kondisi mobil Anda mengalami kebakaran. Untuk menghindari itu semua Anda tetap harus lakukan pemeliharaan dengan baik dan tepat. Dan untuk mengatasinya Anda bisa lihat terlebih dahulu penyebabnya, karena satu masalah mempunyai cara penanganan yang berbeda-beda. Jika memang kesulitan Anda bisa langsung membawanya ke bengkel supaya ditangani pada orang yang lebih ahli.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *