Teknologi Baru Nan Canggih dari Mobil Terbaru

Seiring dengan berkembangnya jaman, banyak teknologi baru yang muncul dan diaplikasikan untuk beragam jenis bidang dan salah satunya adalah untuk kendaraan seperti mobil. Teknologi yang paling baru ini bisa membantu Anda tidak hanya untuk merasa lebih nyaman namun juga lebih aman. Berikut teknologi canggih tersebut. Pertama adalah sensor parkir yang sudah dikembangkan pada tahun 1970an di Amerika Serikat, Italia dan Jerman. Salah satu orang yang paling sukses mengembangkannya adalah Tony Heyes (Inggris) yang bekerja sama dengan Blind Mobility Research untuk mengembangkan sensor parkir ultrasonic yang mempergunakan alat bantu kaum tuna netra. Kini, sensor parkir sudah menjadi salah satu penentu mobil tersebut apakah layak untuk dibeli atau tidak terutama oleh pengemudi pemula.

Kedua adalah autonomous drive. Teknologi ini memungkinkan mobil Anda untuk bisa bergerak sendiri tanpa harus Anda kemudikan. Teknologi tersebut menggunakan sensor yang akan berfungsi untuk mengatur kemana kendaraan tersebut harus bergerak ataupun aktivitas lainnya misalnya berhenti. Dengan menggunakan sistem yang sangat kompleks dan algoritma yang rumit yang masih dikembangkan agar lebih baik hingga saat ini, tidak heran jika mobil yang menggunakan teknologi canggih ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan pada umumnya.

Ketiga adalah pre-collision yang berfungsi untuk mencegah tabrakan ataupun membuat penumpang dan pengemudi terlindungi. Sistem pada teknologi tersebut akan mendeteksi jika tabrakan tidak bisa lagi dihindari. Sistem tersebut akan melakukan kalkulasi kecepatan, sudut kemudi dan dari adanya sensor yang ada di sekeliling mobil. Nantinya berdasarkan pada perhitungan tersebut, secara otomatis, sistem akan mengencangkan sabuk pengaman, mengatur sudut sandaran kursi serta mengatur ketinggian pada sandaran kepala bahkan dapat menutup jendela serta sunroof.

Keempat adalah hybrid. Ide dari teknologi ini sudah ada sejak awal abad ke-20 akan tetapi, jenis mobil hybrid baru sukses menjelang pada akhir 1990an dan Toyota Prius adalah pelopornya. Teknologi ini menggabungkan 2 sistem penggerak dan pada mobil hybrid, menggunakan mesin bakar konvensional yang digabungkan dengan menggunakan motor listrik yang bertujuan untuk menggerakkan mobil. Pada mobil hybrid, motor konvensional berfungsi juga untuk mengisi ulang pada baterai penggerak motor listrik. Karena hal tersebut, bahan bakar dan emisi menjadi menurun secara drastis, tenaga bisa terdongkrak maksimal. Teknologi mobil terbaru yang dikembangkan dan muncul di era modern ini adalah:

  • Automatic safety breaking system yang bisa membuat mobil mengerem secara otomatis jika menemukan benda misalnya mobil lain di depan dan saat mobil berjalan pelan sehingga Anda terhindar dari kecelakaan.
  • GPS Linked Transmission yang memungkinkan GPS membaca medan jalan seperti sudut tikungan, kecepatan mobil, untuk menentukan gigi yang seharusnya bekerja untuk menggerakkan kendaraan beroda empat tersebut.
  • DADDS yang merupakan teknologi yang masih dikembangkan untuk mendeteksi pengemudi yang mabuk.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *