Tips Cerdas Beli Mobil Tua Tanpa Tipu-tipu

Perkembangan zaman kini memang amat cepat. Hal ini memang tidak mengherankan karena adanya teknologi yang sudah berkembang dengan pesat. Salah satu hal yang amat dipengaruhi oleh teknologi adalah dari segi transportasi misalnya saja mobil. Ya kini sudah banyak sekali bermunculan mobil di era yang serba modern seperti saat ini. Meski demikian entah mengapa masih banyak sekali yang lebih memilih untuk bisa tetap setia pada mobil tua.

Mobil tua memang memberikan kesan yang antik dan seolah terbatas sehingga hingga kini masih banyak diincar. Bahkan bukan orang tua saja yang suka pada mobil tua melainkan juga pada anak muda sekalipun banyak sekali yang tertarik dengan mobil tua. Bagi Anda yang juga tertarik dengan produk mobil tua, maka Anda harus waspada jika ingin membelinya. Alasannya adalah jika tidak teliti maka pembelian ini sangat rawan pada kualitas yang buruk sehingga merugikan. Jika Anda memang ingin mendapatkan mobil tua yang berkualitas, maka berikut ini beberapa tipsnya:

  • Anggaran

Yang pertama adalah dari segi keuangan dulu. Coba lakukan riset lebih dulu terkait adanya informasi harga dari mobil tua yang ada di pasaran. Selanjutnya coba bandingkan dengan keuangan yang Anda miliki. Meski mobil tua, namun bukan berarti bisa didapat dengan harga yang amat sangat murah. Oleh karena itu Anda harus realistis dalam penetapan anggaran sehingga bisa dapatkan mobil tua yang sesuai dengan impian.

  • Cek kondisinya

Tips membeli mobil tua selanjutnya adalah dengan langsung mendatangi atau janjian pada pemilik mobil tersebut untuk bisa cek kondisinya secara langsung. Pengecekan pertama adalah langsung pada bagian body mobil. Anda pun harus tahu sejarah dari mobil itu, apakah sudah tabrakan atau hal lainnya. Semua bagian body tak boleh ada yang penyok. Jika bagian body sudah dicek lanjut ke bagian interior dan juga mesin secara keseluruhan. Ada pemahaman yang harus diperjelas dan dibenarkan di sini. Mendapatkan mobil tua dengan kondisi body rusak namun mesin bagus sebetulnya masih merugikan dibanding body mulus namun mesin agak rusak. Hal ini lantaran bagian mesin bisa mudah dicari pengganti namun bagian body sangat sulit dicari yang orisinil.

  • Coba hidupkan mesin

Hidupkan mesin dari mobil itu dan perhatikan bunyi dari mesin mobil itu. Anda bisa cek semua bagiannya misalnya knalpot dan lainnya sehingga bisa tahu seperti apa kondisi sebenarnya. Jika sudah, cobalah test drive dan pastikan jika Anda memang nyaman menggunakan mobil itu ketika bepergian.

Yang terakhir adalah dengan mengecek semua kelengkapan suratnya dimana semuanya harus lengkap. Surat yang lengkap akan meminimalisir masalah di kemudian hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *