Tips Membeli Mobil Tua yang Tepat untuk Anda Sebagai Anak Muda

Di era digital seperti sekarang ini ternyata penggemar mobil tidak kalah banyak dengan pemilik mobil terbaru. Bahkan mereka datang bukan dari kalangan orang tua saja tetapi juga para anak muda masa kini yang mempunyai ide untuk merubah mobil tua menjadi mobil yang sangat menarik. Setiap orang tentunya mempunyai selera yang berbeda-beda dalam menentukan jenis mobil yang diinginkan. Dan tidak sedikit pula merk yang ada diluaran sana yang menawarkan mobil jadul dengan kualitas terbaik, salah satunya adalah Toyota.

Walaupun banyak mobil tua yang ditawarkan dipasaran bukan berarti And sembarangan memilihnya. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan pembelian mobil, apalagi kondisi mobil tua pasti sudah bekas jadi semakin membuat Anda harus memikirkan banyak hal. Nah, berikut ini beberapa tips untuk anak muda yang ingin membeli mobil tua yaitu:

  • Perhatikan bodi.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah dari bodi mobil yang harus lengkap, atau paling tidak masih terlihat bagus. Banyak orang yang berfikir bahwa membeli mobil usia tua yang paling penting adalah mesinnya, bodi masih bisa diperbaiki. Hal tersebut tidak seluruhnya benar, seperti yang diketahui bahwa mesin ataupun bodi untuk mobil tua pasti akan sulit ditemukan kembali jika mengalami kerusakan parah dan harus diganti. Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi Anda bisa mengecek kembali baik komponen bodi ataupun mesin.

  • Kelengkapan surat.

Dan yang kedua adalah kelengkapan surat-surat dari mobil tersebut, seperti halnya STNK ataupun BPKB. Tetapi mobil tua tahun 70an selain kedua surat tersebut juga dilengkapi dengan surat resmi yang disebut dengan boekpass. Surat itu semacam sertifikat, jika Anda membeli mobil tua yang masih disertai dengan surat tersebut berarti memang masih orisinil dan layak untuk dijadikan sebagai koleksi.

  • Hindari mesin transmisi.

Sering Anda mendengar mobil matic, walaupun memang lebih mudah digunakan dari pada manual tetapi terkadang membuat pemilik kurang konsen dengan penggantian oli transmisi. Padahal mobil dengan sistem matic sangatlah sensitive dengan sistem pelumasan, jadi jika tidak dirawat dengan baik atau mudah hancur pada mesin transmisinya.

  • Perbandingan.

Lakukan perbandingan antara setiap jenis mobil dan juga kapasitas dari mobil tersebut. Tidak jarang mobil tua dengan mesin yang tidak umum akan sering memerlukan penggantian sparepart.

Sebenarnya kesimpulan dalam memilih mobil lawas adalah ketelitian Anda dalam melihat setiap komponen pada mobil. Mulai dari interior, eksterior, mesin dan juga komponen mobil lainnya. Karena membeli mobil tua itu bukan hanya sekedar membeli alat akomodasi tetapi membeli benda antic tersebut. Kalau Anda salah dalam menentukan pastinya akan mendapatkan mobil jadul yang sudah tidak orisinil lagi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *