Tips Memilih Shampoo yang Cocok Agar Cat Mobil Awet

Perawatan pada eksterior mobil salah satunya dilakukan dengan mencucinya. Dengan mencuci mobil secara rutin, maka tampilannya akan semakin bersih dan enak dipandang. Proses pencucian mobil tidak bisa dilakukan sembarangan karena selain membutuhkan peralatan dan bahan khusus juga memerlukan langkah yang tepat. Hal tersebut dikarenakan selain membuat body mobil tetap bersih, tetapi juga merawatnya agar awet dan tahan lama. Salah satu bahan yang amat penting diperhatikan dalam mencuci mobil adalah shampoo. Penggunaan sabun sembarangan hanya akan membuat cat mobil cepat mengelupas sehingga butuh shampoo khusus.

Pemilihan shampoo mobil juga memerlukan kiat khusus sehingga cocok dengan jenis mobil yang akan dipakai. Apabila sembarangan dalam memilih shampoo yang akan digunakan untuk mencuci mobil, bukannya bersih mobil akan tampak kusam dan cat pada mobil akan lebih cepat memudar. Bila hal ini terjadi akan membuat Anda mengeluarkan biaya lebih untuk mengecatnya kembali. Kalaupun Anda membiarkannya, maka tampilan mobil Anda tidak akan maksimal. Berikut adalah tips bagi Anda yang ingin membeli shampoo yang cocok untuk mobil:

  1. Pastikan shampoo yang dibeli tidak mengandung bahan silikon. Bahan ini sangat berbahaya bagi cat mobil Anda. Apabila Anda menggunakan shampoo yang mengandung bahan silikon, maka warna cat pada mobil Anda akan kusam dan lama kelamaan akan memudar. Selain itu hindari pula shampoo yang mengandung detergen karena akan berdampak buruk juga pada cat mobil Anda. gunakan shampoo yang mengandung bahan alami yang menjaga warna cat mobil Anda.
  2. Pastikan bahwa shampoo mobil mengandung brightening agent. Fungsinya agar tampilan mobil Anda semakin mengkilap. Tampilan mobil yang semakin cerah akan menarik perhatian dan menimbulkan rasa percaya diri pada pemiliknya. Jadi jangan sampai salah pilih shampoo yang biasa-biasa saja.
  3. Pastikan shampoo yang dipilih memiliki daya bersih yang baik. Dengan demikian maka shampoo akan mudah membersihkan berbagai macam kotoran yang menempel pada cat mobil dengan baik. Jadi tidak akan sia-sia membeli shampoo yang harganya lebih mahal dibandingkan sabun biasa tersebut.
  4. Pastikan bahwa shampoo mobil yang dipilih ramah lingkungan. Selain memilih fungsi shampoo yang baik cat mobil, ketika dibilas maka limbahnya juga tidak boleh membahayakan lingkungan. Resiko terburuk adalah limbah tersebut meresap kedalam tanah dan bercampur dengan air tanah yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak.

Selain memilih shampoo yang tepat Anda juga harus mengaplikasikannya dengan tepat juga. Dengan demikian mobil Anda akan semakin terawat dan tahan lama. Jangan sampai meremehkan pemilihan shampoo yang sepertinya terlihat sederhana karena pengaruh sampo sangat terhadap tampilan mobil Anda sangat besar. Lakukan perawatan lainnya secara rutin sehingga Anda bisa menggunakan mobil dalam waktu yang lebih lama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *