Tips Merawat Ban Mobil dengan Benar dan Tepat

Ban pada sebuah mobil memiliki peranan yang cukup penting dalam menentukan laju sebuah kendaraan, tidak hanya sekedar berfungsi sebagai roda saja, namun ban juga memiliki fungsi sebagai elemen keamanan dalam berkendara. Bisa Anda bayangkan jika sedang berkendara, ban mobil Anda tiba-tiba mengalami kerusakan, seperti bocor, pecah ban ataupun kemudi menjadi sulit dikendalikan akibat ban yang gundul dan mudah menyebabkan mobil menjadi tergelincir. Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa perawatan pada ban mobil juga harus Anda perhatikan dengan seksama, dan tidak hanya terpaku pada perawatan mesin mobil saja. Pengecekan secara rutin terhadap ban mobil ini haruslah Anda lakukan, setiap kali Anda akan menggunakan mobil tersebut, agar nantinya keselamatan dalam berkendara tetap terjaga.

Untuk menghindari adanya ketidakseimbangan pada laju mobil yang Anda gunakan tersebut, maka akan sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan ban mobil standar, yang memang secara khusus didesain untuk jenis mobil yang Anda miliki. Jika Anda berminat mengganti ban dengan jenis modifikasi, maka pastikan bahwa ukuran ban modifikasi telah sesuai dengan ukuran standar yang ditetapkan untuk mobil Anda tersebut. Carilah informasi dengan detail jenis ban yang sesuai dengan ukuran standar mobil Anda, karena ban mobil sendiri memiliki jenis yang sangat beragam.

Berikut ini beberapa cara mudah dalam merawat ban mobil, agar nantinya dapat mendukung keamanan Anda dalam berkendara menggunakan mobil, antara lain adalah:

  • Periksalah tekanan udara pada ban mobil Anda sebelum digunakan, pastikan bahwa tekanan mobil berada pada ukuran standar yang disarankan untuk jenis mobil yang Anda gunakan. tekanan ban mobil yang kurang, selain dapat mengakibatkan kendali mobil menjadi tidak stabil, bahan bakar yang digunakan pun akan menjadi lebih banyak, karena tarikan yang harus dilakukan oleh mesin mobil menjadi lebih berat.
  • Lakukan rotasi atau pertukaran posisi ban secara berkala, dimana teknik ini sangat ampuh untuk menjaga ketebalan dan mencegah terjadinya pengikisan pada ban yang dapat mengakibatkan ban menjadi gundul.

Untuk tetap dapat menjaga kondisi ban, agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan ketika Anda berkendara, hindarilah jalan-jalan yang penuh lubang, karena hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian permukaan ban. Dan jika Anda terpaksa melewati jalan yang penuh lubang, maka kendarailah mobil Anda dengan kecepatan rendah, agar nantinya ban mobil dapat melewati lubang tanpa merusak tekstur ban tersebut.

Pasanglah tutup pentil pada ban ketika Anda melakukan pengisian ulang tekanan udara pada ban. Lupa memasang tutup pentil pun juga dapat mengurangi tekanan udara dalam ban. Oleh karenanya selalu pasang kembali tutup pentil ban mobil Anda. Periksalah secara berkala kondisi ban mobil Anda pada bengkel khusus yang memang ahli dalam menangani permasalahan pada ban mobil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *