Tips Merawat Cat Mobil Agar Selalu Tampak Seperti Baru

Tampilan luar dari kendaraan menjadi hal utama yang akan dinilai orang lain, ketika digunakan untuk berkendara maupun ketika akan menjualnya ke pasaran, jika tampilan luarnya masih mulus otomatis juga akan meningkatkan harga jual bekasnya ke pasaran. Sebaliknya ketika kondisi luarnya sudah tidak begitu baik maka tawaran harga juga jadi semakin murah. Apalagi ketika cat asli dari kendaraan tersebut sudah mulai kusam dan juga banyak tambalan di bagian luarnya.

Faktanya cat mobil ini adalah bagian yang sangat penting untuk menunjang nilai estetikanya, cat memberikan warna berbeda pada sebuah kendaraan. Bahkan setiap orang memiliki preferensi atau selera yang berbeda-beda terkait dengan pemilihan warna dari sebuah cat tersebut, sebagian diantaranya ada yang senang dengan car gelap, namun juga ada yang sangat senang dengan kendaraan berwarna terang. Namun juga tidak bisa dipungkiri karena tergolong sebagai bagian luar yang bersentuhan dengan cuaca langsung, maka bagian cat ini juga paling mudah kusam bahkan rusak terlebih dahulu.

Untuk membuatnya tetap terlihat selalu mulus dan juga kinclong sebenarnya bukan hal yang susah, berikut ini setidaknya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk perawatan cat mobil, diantaranya adalah:

  1. Sebaiknya tutupi mobil dengan jas hujan ketika di parkir pada saat musim hujan, musim hujan seperti sekarang ini tak hanya pengendara motor saja yang harus membawa jas hujan, melainkan Anda yang mengendarai mobil juga harus memastikan keberadaan jas hujan, namun untuk kendaraan roda empat tersebut. Karena jika terlalu sering terkena dengan air hujan langsung memiliki potensi merusak cat bagian luar, apalagi kebanyakan air hujan mengandung senyawa asam.
  2. Sebaiknya pilihlah tempat parkir yang teduh, menghindarkan mobil terkena sinar matahari secara terus menerus, meskipun pada dasarnya ada lapisan pelindung, namun patut diketahui bahwa panas matahari ini pada dasarnya memang memiliki sifat merusak, salah satu diantaranya adalah pada lapisan bagian luar, sehingga membuat warnanya juga menjadi lebih kusam.
  3. Jangan mencuci mobil dalam kondisi yang panas atau terjemur matahari, karena sabun sisa mencuci akan menempel dengan kuat dan sulit dihilangkan, hal ini mempengaruhi tampilannya yang terlihat dilapisi sebuah benda putih.
  4. Gunakan shampo khusus untuk mencuci mobil, pertimbangkan juga untuk menggunakan detergen yang tepat, bukan sekedar produk pembersih yang ada di rumah, sering kali masyarakat memanfaatkan sabun cuci piring, padahal bukan fungsinya untuk mencuci kendaraan. Ada shampo khusus yang dilengkapi dengan pelindung UV untuk menjaganya bersih dan juga terhindar dari bahaya matahari.
  5. Poles cat mobil Anda secara berkala, paling tidak 2 hingga 3 bulan sekali sehingga terlihat lebih jelas kilapnya.

Dengan langkah tersebut cat mobil akan selalu tampil cantik seperti baru.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *